|
MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
Satuan Pendidikan :
MTsN Tembilahan
Kelas : Tujuh / II (dua)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menyadari pentingnya sikap tasamuh
1.2
Meyakini pentingnya
sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
|
|
|
|
|
|
2.1
Memiliki sikap
tasamuh sesuai isi kandungan al-Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah
(98)
dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
2.2
Memiliki sikap optimis dan istiqamah
dalam
berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S
an-Nashr (110) dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
3.1
Memahami isi kandungan al-Kaafiruun (109) dan Q.S
al-Bayyinah (98) tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan
hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan
hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
4.4
Menghafal hadis tentang sikap tasamuh hadis
riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA dan
hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
|
Hadis –
hadis tentang
toleransi dalam bertetangga
|
Mengamati
·
Guru mengajak peserta didik mengamati gambar yang
berkaitan dengan toleransi dan kerukunan hidup
·
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan
gambarnya dan peserta lain mendengarkan
· Guru mengajarkan bagaimana
menghargai orang berbicara.
Menanya
· Guru memotivasi siswa untuk
menanyakan informasi dari apa yang diamati
Eksperimen/explore
· Siswa
melafalkan hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari
Ibnu Umar RA dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
Asosiasi
· Guru menghubungkan hadis
tentang toleransi dengan pelajaran SKI
mengenai toleransi yang dilakukan Rasulullah dalam perjanjian Hudaibiyah
· Siswa merumuskan kesimpulan
dari cerita perjanjian Hudaibiyah
Komunikasi
· Siswa mempraktikkan sosiodrama
|
Tugas
· Membuat
dan melakukan sosiodrama tentang sikap toleransi.
Observasi
· Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
· Keaktifan
dalam diskusi
· Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
Membuat paparan
tentang
kandungan
QS. al-Kafirun
dan
QS.
al-Bayyinah dan hadis
Tes
· Tulis
|
1 X 50 menit
|
· T. Ibrahim - H. Darsono, Al-Qur’an dan Hadis Untuk
Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Penerbit Tiga Serangkai Tahun 2013
·
Buku siswa Kemenag Tahun 2014
·
Buku guru Kemenag Tahun 2014
·
Gambar
·
Internet
|
Tembilahan,
7 September 2014
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala MTsN Tembilahan Al-Qur’an
Hadits
Drs. M. Rusli M.
Yusuf, S.Ag
NIP. 195711111985031005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar