Translate

Kamis, 04 Mei 2017

اَلطَّهَارَة



اَلطَّهَارَة
THAHARAH
1.    لَفْظُ النِّيَّةِ لِْلإِسْتِنْجَاء
1.     Lafaz Niat Istinja
نَوَيْتُ اْلاِسْتِنْجَاءَ مِنَ اْلبَوْلِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالىٰٰ.
Saya menyengaja bersuci dari buang air kecil fardhu karena Allah Ta’ala
نَوَيْتُ اْلاِسْتِنْجَاءَ مِنَ اْلبَوْلِ وَاْلغَائِطِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالىٰٰ.
Saya menyengaja bersuci dari buang air kecil dan air besar fardhu karena Allah Ta’ala
2.    لَفْظُ نِيَّةِ الْغُسْلِ عَنِ اْلجُنُب
2.     Lafaz Niat Mandi Wajib
نَوَيْتُ اْلغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلاَكْبَرِ عَنْ جَمِيْعِ اْلبَدَنِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالىٰ.
Saya menyengaja mandi untuk mengangkatkan hadas besar bagi seluruh tubuhku  fardhu karena Allah Ta’ala
3.    لَفْظُ نِيَّةِ الْغُسْلِ مِنَ اْلحَيْض
3.     Lafaz Niat Mandi Haidh
نَوَيْتُ اْلغُسْلَ مِنَ اْلحَيْضِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالىٰ.
Saya menyengaja mandi daripada haidh fardhu karena Allah Ta’ala
4.    لَفْظُ نِيَّةِ الْغُسْلِ كُلَّ يَوْم
4.     Lafaz Niat Mandi Setiap Hari
نَوَيْتُ اْلغُسْلَ مِنَ اْلحَيَاةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالىٰ.
Saya menyengaja mandi daripada hidup sunnat karena Allah Ta’ala
5.      لَفْظُ النِّيَّةِ لِلْوُضُوْء
5.     Lafaz Niat Wudhu
نَوَيْتُ اْلوُضُوْءَ فَرْضًا ِللهِ تَعَالىٰٰ.
Saya menyengaja berwudhu fardhu karena Allah Ta’ala
atau
نَوَيْتُ رَفْعَ اْلحَدَثِ اْلاَصْغَرِ لاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالىٰ.
Saya menyengaja mengangkatkan hadas kecil untuk keharusan shalat,  fardhu karena Allah Ta’ala
6.    اَلْفَاظٌ عِنْدَ غَسْلِ الْوُضُوْء
6.     Lafaz Bacaan Ketika Wudhu
‌أ.          عِنْدَ غَسْلِ الْوَجْه
a.     Ketika Membasuh Muka
اَللّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِىْ يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوْهٌ.
Ya Allah, berilah cahaya mukaku pada hari terdapat muka orang-orang yang bercahaya dan hitam mukanya
‌ب.      عِنْدَ غَسْلِ يَدِ الْيُمْنَى
b.     Ketika Membasuh Tangan Kanan
اَللّهُمَّ اَعْطِنِىْ كِتَابِىْ بِيَمِيْنِىْ وَحَاسِبْنِىْ حِسَابًا يَسِيْرًا.
Ya Allah, berilah catatan amalku pada tangan kananku dan hitunglah amalku dengan hitungan yang mudah
‌ج.        عِنْدَ غَسْلِ يَدِ الْيُسْرَى
c.     Ketika Membasuh Tangan Kiri
اَللّهُمَّ لاَتُعْطِنِىْ كِتَابِىْ بِشِمَالِىْ وَلاَ مِنْ وَرَاءِ ظُهْرِىْ.
Ya Allah, jangan Engkau beri catatan amalku pada tangan kiriku dan tidak pula dari arah belakangku
‌د.          عِنْدَ يَمْسَحُ بَعْضَ الرَّأْس
d.     Ketika Mengusap Sebagian Kepala
اَللّهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِىْ وَبَشَرِىْ عَلَى النَّارِ.
Ya Allah, haramkanlah rambut dan kulitku dari api neraka
‌ه.          عِنْدَ يَمْسَحُ اْلأُذْنَيْن
e.     Ketika Mengusap Dua Telinga
اَللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ اْلقَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ اَحْسَنَهُ.
Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mendengarkan nasehat sehingga mengikuti kebaikannya
‌و.         عِنْدَ غَسْلِ الرِّجْلَيْنِ
f.      Ketika Membasuh Dua Kaki
اَللّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمِىْ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ اْلاَقْدَامَ.
Ya Allah, tetapkanlah kakiku pada shirath yang pada hari banyak kaki tergelincir di atasnya
‌ز.        اَلدُّعَاءُ بَعْدَ الْوُضُوْء
g.     Do’a Setelah Wudhu
اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
Saya bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah yang tiada sekutu bagi-Nya, dan saya bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya
اَللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ اْلمُتَطَهِّرِيْنَ، وَاجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ
Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang membersihkan diri, serta jadikanlah aku termasuk hamba-hamba-Mu yang shaleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar